PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK
1. Perangkat Keras (Hardware).
Perangkat Keras (Hardware) merupakan komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata. Fungsinya untuk mendukung proses komputerisasi. Dengan kata lain Hardware adalah peralatan pada sistem komputer yang bisa dijumpai atau dilihat secara fisik oleh manusia.
Proses pengolahan data dalam komputer dibagi menjadi 3 tahap, yaitu Input, Proses, dan Output. keterangan :
1. Input : Merupakan informasi dari luar sistem komputer yang dimasukkan dalam komputer.
2. Proses : Kegiatan mengolah data yang dimasukkan sehingga menjadi informasi yang berguna.
3. Output : Hasil dari olahan informasi yang akan ditampilkan melalui Monitor, Printer, dan alat output lainnya.
a. Perangkat Input Komputer.
- Keyboard
- Mouse
- Light Pen
- Track Ball
- Joystick
b. Perangkat Proses Komputer
- Processor/CPU (Central Processing Unit)
- Main Memory (Memori Utama)
- Perangkat Pendukung Lainnya
- Perangkat Penyimpan Data
c. Perangkat Ouput Komputer
- Monitor
- Printer
- Projector
- Speaker
2. PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE).
Perangkat Lunak (Software) adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, berupa progam atau intruksi yang akan dijalankan suatu perintah.
Funsi Software adalah untuk mengindentifikasi program, untuk menyiapkan aplikasi program, untuk mengatur dan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien.
Software berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
1. Software Berbayar.
2. Software Gratis atau Free :
a. Shareware
b. Freeware
c. Free Software
Software berdasarkan kategori dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:
1. Sistem Operasi
Sistem Operasi merupakan perangkat lunak yang paling utama dalam sistem komputer. yang berfungsi untuk mengintrol dan mengatur seluruh kegiatan dari proses kerja komputer.
Secara umum kegunaan sistem operasi adalah sebagai berikut:
a. untuk mengendalikan perangkat lunak sistem maupun perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan (Sebagai Manajemen Sumber Daya).
b. untuk mengendalikan data yang masuk dan data hasil olahan komputer (Sebagai Manajemen Data).
c. untuk mengatur proses penjadwalan dan proses pemantauan dari perangkat lunak yang sedang dijalankan (Sebagai Manajemen Proses).
d. sebagai pengendali keamanan terhadap komputer agar data - data yang bersifat rahasia terjamin keamanannya.
2. Program Aplikasi
Program Aplikasi adalah program siap pakai yang dibuat untuk menjalankan tugas - tugas tertentu. yang berfungi untuk menyelesaikan masalah sehari - hari misalnya untukkeperluan kantor, menggambar, dan lain - lain.
Contoh Program Aplikasi :
a. Program Pengolah Kata. Contoh : Microsoft Word, Word Star, NotePad, Ami Pro, dan lain - lain
b. Program Pengolah Angka. Contoh : Microsoft Excel, Lotus 123, Quattro Pro, Lotus.
c. Program Publisher (Penerbitan). Contoh : Microsoft Publisher, Adobe PageMaker, QuarkXpress.
d. Program Grafis. Contoh : Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Photo Editor.
e. Program Aplikasi Internet. Contoh : Mozilla Firefox, Internet Explorer, Yahoo Messenger.
f. Program Olah Data. Contoh : Microsoft Access, Visual Foxpro, Dbase.
g. Program Multimedia. Contoh : Windows Media Player, Mcrosoft PowerPoint, Ulead VideoStudio.
3. Program Pendukung
Program Pendukung selain sistem operasi dan program aplikasi adalah Program Bantu (Utility Program) dan Bahasa Pemrograman (Language Programming)
A. Program Bantu
Prigram Bantu (Utility Program) adalah perangkat lunak yang bisa berfungsi untuk melakukan tugas perbaikan pada sistem komputer baik itu untuk perangkat lunak maupun perangkat keras.
Funsi lain Program Bantu, yaitu:
1) Memperbaiki kerusakan sistem pada komputer.
2) Membuat Backup data pada file - file yang penting.
3) Memperbaiki data yang rusak
4) Memeriksa ada tidaknya virus pada komputer.
Contoh Program Bantu, yaitu:
1) Norton Utility
2) Norton Disk Doctor
3) AVG Anti Virus
4) PC Tools
5) Norton Anti Virus
B. Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman adalah perangkat lunak bahasa yag dipakai oleh para pembuat program (Programmer) untuk menulis kumpulan peruntah atau instruksi suatu program aplikasi tertentu.
Contoh Bahasa Pemrograman :
1) Turba Pascal
2) Borland Delphi
3) Basic
4) C++
5) Turbo Prolog
Tingkatan Bahasa Pemrograman :
1) Low Level Language = Generasi I
2) Middle Level Language = Generasi II (Sudah memakai bahasa manusia)
3) Hight Level Language = Generasi III
2. PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE).
Perangkat Lunak (Software) adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, berupa progam atau intruksi yang akan dijalankan suatu perintah.
Funsi Software adalah untuk mengindentifikasi program, untuk menyiapkan aplikasi program, untuk mengatur dan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien.
Software berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
1. Software Berbayar.
2. Software Gratis atau Free :
a. Shareware
b. Freeware
c. Free Software
Software berdasarkan kategori dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:
1. Sistem Operasi
Sistem Operasi merupakan perangkat lunak yang paling utama dalam sistem komputer. yang berfungsi untuk mengintrol dan mengatur seluruh kegiatan dari proses kerja komputer.
Secara umum kegunaan sistem operasi adalah sebagai berikut:
a. untuk mengendalikan perangkat lunak sistem maupun perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan (Sebagai Manajemen Sumber Daya).
b. untuk mengendalikan data yang masuk dan data hasil olahan komputer (Sebagai Manajemen Data).
c. untuk mengatur proses penjadwalan dan proses pemantauan dari perangkat lunak yang sedang dijalankan (Sebagai Manajemen Proses).
d. sebagai pengendali keamanan terhadap komputer agar data - data yang bersifat rahasia terjamin keamanannya.
2. Program Aplikasi
Program Aplikasi adalah program siap pakai yang dibuat untuk menjalankan tugas - tugas tertentu. yang berfungi untuk menyelesaikan masalah sehari - hari misalnya untukkeperluan kantor, menggambar, dan lain - lain.
Contoh Program Aplikasi :
a. Program Pengolah Kata. Contoh : Microsoft Word, Word Star, NotePad, Ami Pro, dan lain - lain
b. Program Pengolah Angka. Contoh : Microsoft Excel, Lotus 123, Quattro Pro, Lotus.
c. Program Publisher (Penerbitan). Contoh : Microsoft Publisher, Adobe PageMaker, QuarkXpress.
d. Program Grafis. Contoh : Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Photo Editor.
e. Program Aplikasi Internet. Contoh : Mozilla Firefox, Internet Explorer, Yahoo Messenger.
f. Program Olah Data. Contoh : Microsoft Access, Visual Foxpro, Dbase.
g. Program Multimedia. Contoh : Windows Media Player, Mcrosoft PowerPoint, Ulead VideoStudio.
3. Program Pendukung
Program Pendukung selain sistem operasi dan program aplikasi adalah Program Bantu (Utility Program) dan Bahasa Pemrograman (Language Programming)
A. Program Bantu
Prigram Bantu (Utility Program) adalah perangkat lunak yang bisa berfungsi untuk melakukan tugas perbaikan pada sistem komputer baik itu untuk perangkat lunak maupun perangkat keras.
Funsi lain Program Bantu, yaitu:
1) Memperbaiki kerusakan sistem pada komputer.
2) Membuat Backup data pada file - file yang penting.
3) Memperbaiki data yang rusak
4) Memeriksa ada tidaknya virus pada komputer.
Contoh Program Bantu, yaitu:
1) Norton Utility
2) Norton Disk Doctor
3) AVG Anti Virus
4) PC Tools
5) Norton Anti Virus
B. Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman adalah perangkat lunak bahasa yag dipakai oleh para pembuat program (Programmer) untuk menulis kumpulan peruntah atau instruksi suatu program aplikasi tertentu.
Contoh Bahasa Pemrograman :
1) Turba Pascal
2) Borland Delphi
3) Basic
4) C++
5) Turbo Prolog
Tingkatan Bahasa Pemrograman :
1) Low Level Language = Generasi I
2) Middle Level Language = Generasi II (Sudah memakai bahasa manusia)
3) Hight Level Language = Generasi III
Tidak ada komentar:
Posting Komentar